Rabu, 10 Januari 2018

Faktor Pendorong dan Penghambat Persatuan dan Kesatuan Bangsa

“PERAN INDONESIA DALAM MENCIPTAKAN PERDAMAIAN DUNIA MELALUI HUBUNGAN INTERNASIONAL”
1.  



   1.     1.. Peran Indonesia terhadap dunia dan bidang-bidangnya
   Makna Hubungan Internasional merupakan salah satu jawaban bagi persoalan yang dialami oleh suatu negara. Ketika suatu negara mengalami kekurangan tenaga ahli untuk membangun negerinya maka melalui hubungan internasional negara tersebut mampu mengatasi persoalan tersebut dengan bantuan negara lain. Oleh karena itu, hubungan internasional mempunyai kedudukan yang sangat penting dalam kehidupan suatu negara yang beradab. Secara umum hubungan internasional diartikan sebagai hubungan yang bersifat global yang meliputi semua hubungan yang terjadi dengan melalui batas-batas ketatanegaraan.
       Kemampuan dalam menjalin hubungan dengan bangsa lain dapat meningkatkan kepercayaan internasional atas Indonesia. Negara-negara lain akan memandang bahwa Indonesia memang layak sebagai subjek hukum internasional. Dalam Undang-Undang Nomor 37 Tahun 1999 tentang Hubungan Luar Negeri, pada Bab I Ketentuan Umum pasal 1 huruf a ditegaskan bahwa pengertian hubungan internasional adalah setiap kegiatan yang menyangkut aspek regional dan internasional yang dilakukan oleh pemerintah di tingkat pusat dan daerah atau lembaga-lembaganya, lembaga negara, badan usaha, organisasi politik, organisasi masyarakat, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), atau warga negara Indonesia.
      Konsepsi hubungan internasional oleh para ahli sering dianggap sama atau dipersamakan dengan konsepsi politik luar negeri, hubungan luar negeri, dan politik internasional.
Berikut makna konsepsi tersebut.

-Politik luar negeri adalah seperangkat kebijakan yang dilakukan oleh suatu negara untuk mengadakan hubungan dengan negara lain yang bertujuan untuk tercapainya kepentingan nasional suatu negara.
Hubungan luar negeri adalah keseluruhan hubungan yang diajalankan oleh suatu negara dengan semua pihak yang tidak tunduk pada kedaulatannya.
Politik internasional adalah politik antarnegara yang mencakup kepentingan beberapa atau semua negara serta prosen interaksinya.

      Suatu negara dapat menjalin hubungan dengan negara lain apabila kemerdekaan dan kedaulatan negara tersebut telah diakui secara de facto dan de jure oleh negara lain.

•Ruang lingkup hubungan internasional terletak dalam dua bidang, yaitu:
-Bidang publik, yang meliputi politik internasional, politik luar negeri, pertahanan dan keamanan, hukum internasional, diplomasi, organisasi internasional, dan kejahatan internasional.
-Bidang privat, meliputi ekonomi dan moneter internasional, ilmu pengetahuan, dan turisme (kepariwasataan).

     Bagi negara indonesia, menjalin hubungan internasional merupakan bagian dari tujuan nasional Indonesia. Melalui politik bebas aktif, Indonesia dapat menentukan secara posisi Indonesia di dunia internasional. Berdasarkan faktor sejarah, Indonesia merupakan negara nonblok artinya, politik luar negeri Indonesia bersifat mandiri sehingga bebas dari intervensi, blok barat maupun blok timur.
     Bangsa indonesia harus meningkatkan kualitas hubungan internasional yang dibangun dengan negara lain. Dalam rangka meningkatkan kualitas hubungan internasional, Indonesia harus melakukan berbagai upaya seperti meningkatkan sumber daya manusia, faktor produksi, dan berbagai hal yang dapat dijadikan sebagai unsur kerja sama internasional. Menjalin hubungan atau kerja sama internasional bagi sebuah negara sangatlah penting. Berikut manfaat yang dapat dirasakan di berbagai bidang.

Ideologi

    Setiap negara memiliki ideologi. Ideologi negara cenderung didasarkan pada kehidupan sosial budaya bangsa. Indonesia memiliki ideologi yang dikenal dengan Pancasila. Dengan adanya ideologi suatu negara dapat dapat menjaga dan mempertahankan kelangsungan hidup bangsa dan negaranya. Melalui ideologi pula Indonesia dapat menjalin hubungan internasioanl.

Politik

   Hubungan internasional tidak lepas dari pengaruh politik antarnegara. Suatu negara dapat menentukan sifatnya dalam menjalin hubungan internasional. Hubungan internasional yang terjalin dapat dimanfaatkan sebagai upaya memperkuat kepentingan nasional, terutama untuk membuat kebijakan publik.



Ekonomi

    Globalisasi memberikan pengaruh besar kepada negara-negara di dunia untuk melakukan perdagangan bebas. Dengan adanya kebijakan perdagangan bebas, secara tidak langsung harus meningkatkan kualitas produksinya agar bisa bersaing di pasar global. Selain itu, suatu negara dapat meningkakan pembangunan ekonomi nasional dengan meningkatkan sektor produksi untuk memperluas wilayah pemasaran. Hubungan internasional dalam bidang ekonomi dan perdagangan menjadi kesempatan bagi suatu negara untuk meningkatkan sektor pemasarannya. Indonesia dapat melakukan kerja sama dalam bidang ekonomi dengan meningkatkan ekspor barang dan jasa terbaik.

Sosial Budaya

    Hubungan internasional dalam bidang sosial budaya bermanfaat untuk pembinaan dan pengembangan nilai-nilai sosial budaya bangsa. Pembinaan dan pengembangan dilakukan dalam upaya penanggulangan setiap bentuk ancaman, tantangan, hambatan, gangguan, dan kejahatan internasional dalam rangka pelaksanaan pembangunan nasional. Adanya kerja sama antarbangsa di dunia dapat mencegah gerakan separatis dan terorisme. Kerja sama ini terbukti telah dilakukan Indonesia dalam rangka membantu konflik yang terjadi di Filiphina dan Kamboja, ikut serta dalam organisasi Food And Agricuture Organization (FOA), yaitu organisasi di bawah PBB yang bergerak di bidang pangan, ikut serta dalam organisasi World And Health Organization (WHO), yaitu organisasi yang menangani masalah kesehatan di dunia di bawah PBB, Indonesia aktif dalam organisasi United Nation Childreen Emergency Fund (UNICEF), organisasi PBB yang khusus menangani masalah anak-anak di dunia, Indonesia pernah mengadakan program kesenian yang bernama Titian Muhibah.

Pertahanan dan Keamanan

    Hubungan internasional yang terjalin dapat menjadi sarana menciptakan perdamaian dunia sebagaimana tujuan nasional Indonesia. Setiap negara dapat mengadakan hubungan internasional untuk membantu dalam mencegah atau memulihkan kondisi wilayah pasca perang serta membantu menjaga stabilitas internasional. Contoh menjalin hubungan diplomatik, ikut serta dalam Gerakan Non Blok.

Pendidikan

    Peran Indonesia dalam bidang ini sangat penting khususnya di kawasan Asia Tenggara. Contohnya Indonesia sering berperang sebagai peserta dan tuan rumah dalam berbagai kompetisi Olimpiade Biologi tahun 2014, Indonesia aktif dalam pertukaran pelajar seperti Malaysia dan Singapura. Indonesia ikut serta dalam SEA GAMES.

2.      2. Perjanjian Internasional
-         Perjanjian Internasional adalah sebuah perjanjian yang di buat di bawah hukum internasional oleh beberapa pihak yang berupa Negara atau organisasi internasional.
-         Pengertian Menurut Para Ahli
•Prof Dr.Mochtar Kusumaatmaja
 Perjanjian internasional adalah perjanjian yang diadakan antarbangsa yang bertujuan     untuk menciptakan akibat-akibat hukum tertentu.
Oppenheimer-Lauterpacht
Perjanjian internasional adalah suatu persetujuan antarnegara yang menimbulkan hak dan kewajiban di antara pihak-pihak yang mengadakannya
G.Schwarzeberger
Perjanjian internasional adalah suatu persetujuan antara subjek-subjek hukum internasional yang menimbulkan kewajiban-kewajiban yang mengikat dalam hukum internasional
Konferensi Wina (1969)
Perjanjian internasional adalah perjanjian yang diadakan oleh dua Negara atau yang lebih bertujuan untuk mengadakan akibat-akibat hukum tertentu
-         Kesimpulan
Perjanjian internasional adalah perjanjian yang diadakan oleh masyarakat bangsa bangsa dan bertujuan mengakibatkan hukum  tertentu.
3.    3. Analilsis Kerja Sama
1.terciptanya perdamaian dunia
          2.terbentuknya sikap pengertian antar Negara
 3.mempererat antar negara negara di dunia
 4.tercapainya kesejahteraan rakyat yang ikut bersangkutan.
4.    4.  Makna perjanjian internasional menurut UU no24 tahun 2000
•Perjanjian dalam bentuk dan nama teretentu yang di buat secara tertulis aerta menimbulkan hak dan kewajiban di bidang hukum public.
•Menurut diri sendiri
Perjanjian internasional adalah perjanjian yang diadakan oleh masyarakat bangsa bangsa dan bertujuan mengakibatkan hukum  tertentu.

5.     5.Tahap-Tahap Perjanjian Nasional
a.Tahap Perundingan
  Tahap Perundingan adalah pembicaraan dan pembahasan yang dilakukan para utusan delegasi dari pemerintah Negara peserta terhadap materi yang akan dituangkan di dalam naskah perjanjian.
b.Tahap Penandatangan
  Naskah perjanjian yang telah di terima namun masih di sempurnakan,maka jika penyempurnaan itu telah selesai dan tidak ada lagi masalah yang prinsip,maka tindakan selanjutnya adalah menerapkan naskah perjanjian itu sebagai naskah yang autentik
c.Tahap Pengesahan
  Untuk meyakinkan bahwa urusan tersebut benar-benar melakukan tugasnya serta tidak melampaui wewenangnya.
6.   
            6.Perwakilan Diplomatik
a.pengertian perwakilan diplomatik   
Perwakilan diplomatik adalah perwakilan yang kegiatanya meliputi semua kepentingan Negara republic Indonesia dan wilayah kerjanya meliputi wilayah Negara internasional
           b.Fungsi Perwakilan Diplomatik
a. Mewakili pemerintah negaranya (fungsi representasi)
b. Mengadakan perundingan dengan Negara dimana ia ditugaskan (fungsi negosiasi)
c. Meneliti dan menganalisis kejadian di Negara dimana dia d          itugaskan,untuk kepentingan negaranya(fungsi observasi)
d. Meningkatkan hubungan persahabatan antara negaranya dengan Negara tempat dia bertugas (fungsi persahabatan)
e.Memberikan perlindungan warga negaranya di Negara tempat dia ditugaskan (fungsi proteksi)
 Undang-Undang yang mengatur :
Undang undang no 1 tahun 1982 tentang pengesahan konvensi wina mengenai hubungan diplomatik beserta protokol opsionalnya. Mengenai hal memperoleh kewarganegaraan (Vienna Confention Of Diplomatic Relations Concerning Acquisition Of Nationality 1963). UU no 37 tahun 1999 tentang hubungan luar negeri. Dalam pasal 1 angka 1 UU no 37 tahun 1999 dinyatakan definisi mengenai hubungan luar negeri bahwa “Hubungan luar negeri adalah setiap kegiatan yang menyangkut aspek regional dan internasional yang dilakukan oleh pemerintah di tingkat pusat dan daerah, atau lembaga lembaganya, lembaga negara, badan usaha, organisasi politik, organisasi masyarakat, lembaga swadaya masyarakat, atau warga negara Indonesia.”

7. Peran Indonesia di PBB,ASEAN,KAA
          -PBB
Pada tanggal 28 september 1950 indonesia diterima sebagai anggota PBB dan sebagai anggota ke 60, banyak manfaat bangsa Indonesia semenjak menjadi anggota PBB, berbagai bantuan dan jasa baik PBB telah dinikmati bangsa Indonesia. Peran Indonesia di PBB:
1.Sebagai anggota PBB,Indonesia berhasil menyelenggarakan konferensi Asia-Afrika yang  menghasilkan Dasasila Bandung
2.Sebagai anggota PBB,Indonesia menjadi pelopor pencetusan ZOFTAN dan SEANWFZ
3.Sebagai anggota PBB,Indonesia menjadi salah satu pemprakarsa berdirinya ASEAN dan Gerakan Non Blok
4.Pada tahun 1971,Indonesia yang di wakili oleh Adam Malik pernah di tunjuk untuk menjadi presiden di Majelis Umum PBB
5.Indonesia 3x terpilih menjadi anggota tetap Dewan Keamanan PBB,yaitu periode tahun 1974-1975, periode tahun 1995-1996,dan periode tahun 2007-2008
6.Pada tahun 1984,Indonesia mengirimkan bantuan berupa beras melalui FAO yang ditujukan untuk Ethiopia yang waktu itu dilanda bencana kelaparan
7.Pada tahun 1995,sebagai anggota PBB Indonesia membantu dalam  menampung para pengungsi yang berasal dari Vietnam di Pulau Galang
8.Pada tahun 1989,sebagai anggota PBB Indonesia berhasil membantu menyelesaikan konflik yang terjadi di kamboja

-KAA
Konferensi Asia Afrika,diselenggarakan di Bandung (Jawa Barat)tanggal 18-24April 1955. Dihadiri oleh 23 negara Asia dan 6 negara Afrika. Peran Indonesia di KAA
1. Indonesia ikut memprakarsai dan sebagai tempat penyelenggaraan konferensi panca Negara II yang berlangsung tanggal 28-29 Desember 1954 di Bogor. Konferensi ini sebagai pendahuluan dari KAA
2. Indonesia ikut memprakarsai dan sebagai tempat penyelenggaraan KAA yang berlangsung pada tanggal 18-24 April 1955 di Gedung Merdeka Bandung.
3. Dalam KAA Indonesia termasuk salah satu penggagas pertemuan tersebut bersama Mesir dan India sehingga diadakan untuk yang pertama kalinya di Bandung tahun 1955.

-ASEAN
ASEAN berdiripada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok. Indonesia menjadi anggota ASEAN tangal yang sama saat ASEAN dibentuk. Indnesia sebagai bagia dari Asia Tenggara khususnya dunia umumnya,menyadari pentingnya hubungan kerja sama dengan negara-negara lain di bebagai belahan bumi. Peran Indonesia di ASEAN
1. Indonesia merupakan salah satu Negara pemrakarsa berdirinya ASEAN pada tanggal 8 Agustus 1967.
2. Indonesia berusaha membantu pihak-pihak yang bersengketa untuk mencari penyelesaian dalam masalah Indocina.
3. Indonesia sebagai penyelenggara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) pertama Asean yang berlangsung di Denpasar,Bali pada tanggal 23-24 Februari 1976
4. pada tanggal 7 juni 1976 Indonesia di tunjuk sebagai tempat kedudukan Sekretariat tetap ASEAN dan sekaligus ditunjuk sebagai Sekretaris Jendral pertama adalah Letjen. H.R. Dharsono yang kemudian digantikan oleh Umarjadi Njotowijono
5. Indonesia menjadi tempat pembuatan pupuk se-ASEAN, Tepatnya di Aceh yang nantinya akan di gunakan Negara-negara ASEAN
6. Mengikuti kerja sama regional seperti ini maka akan lebih dihormati Negara lain
7. Pada KTT ASEAN ke-9 tanggal7-8 oktober 2003 di Bali,Indonesia mengusulkan pembentukan komunitas ASEAN
8. Pada tahun 2004 Indonesia menjadi Negara yang memimpin ASEAN
9. Indonesia menjadi tuan rumah pertemuan khusus pasca gempa bumi dan tsunami pada januari 2005
10. Pada bulan Agustus 2007 diresmikan Asean Forum 2007 di Jakarta

11. Pada KTT Asean ke-19 tanggal 17-19 November 2011 Indonesia kembali menjadi tuan rumah
















"Faktor Pendorong dan Penghambat Persatuan dan Kesatuan Bangsa"

Persatuan dan Kesatuan Bangsa - Bangsa Indonesia dikenal sebagai negara yang majemuk, ditandai dengan banyaknya suku, etnis, budaya, agama, adat istiadat di dalamnya. Di sisi lain, Bangsa Indonesia dikenal memiliki masyarakat multikultural, masyarakat yang anggotanya memiliki latar belakang budaya (cultural background) beragam. Multikulturalitas dan Kemajemukan ini menggambarkan banyaknya keragaman yang ada. Bila dikelola secara benar, keberagaman dapat menghasilkan energi yang luar biasah besar. Namun sebaliknya bila tidak dikelola secara benar, kemajemukan dan multikulturalitas dapat menghasilkan perpecahan. oleh karena itu Persatuan dan Kesatuan adalah hal yang mutlak bagi bangsa indonesia.

Definisi Persatuan dan Kesatuan

Definisi Persatuan
•Persatuan didefinisikan sebagai suatu kumpulan yang berstruktur, berperlembagaan, berperaturan dan berkepimpinan.Persatuan biasanya dianggotai oleh mereka yang mempunyaiminat, kegemaran, hasrat dan kecenderungan yang sama serta bertujuan untuk saling bekerjasama, bantu-membantu.
• Persatuan juga di definisikan sebagai satu gabungan, ikatan dan kumpulan.
•Persatuan Bahasa Cina ialah satu persatuan yang ditubuhkan untuk membolehkan ahli-ahlinya mengenali kebudayaan kaum Cina yang telah diwarisi turun-temurun.

Definisi Kesatuan
•Kesatuan merupakan hasil perkumpulan tersebut yang telah menjadi satu dan utuh.  
Persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia sudah tampak saat proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia yang juga merupakan awal dibentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). dalam Pasal 1 ayat 1 UUD. Negara Republik Indonesia Tahun 1945 menyatakan bahwa, "Negara Indonesia merupakan negara kesatuan yang berbentuk republik". selanjutnya ditegaskan dalam Sila ketiga Pancasila tentang tekad bangsa Indonesia mewujudkan persatuan tersebut.

Tahap-tahap utama Pembina persatuan bangsa Indonesia:
Perasaan Senasib
•Kebangkitan Nasional
•Sumpah Pemuda
•Proklamasi Kemerdekaan

Prinsip Persatuan dan Kesatuan Bangsa:
1.Prinsip Nasionalisme Indonesia
Kita harus mencintai bangsa Indonesia, namun hal tersebut bukan berarti kita harus mengagung-agungkan bangsa kita sendiri. Kita tidak bisa memaksakan kehendak kita kepada negara lain karena pandangan seperti itu akan mencelakakan sebuah bangsa. karena sikap tersebut bertentangan dengan sila kedua "Kemanusiaan yang adil dan beradab".
2.Prinsip Bhinneka Tunggal Ika
Prinsip ini mengharuskan kita mengakui bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang terdiri dari berbagai agama, suku, adat istiadat dan bahasa yang majemuk. Hal itu mewajibkan kita untuk saling menghargai dan bersatu sebagai bangsa Indonesia.
3.Prinsip Kebebasan yang Bertanggung jawab
Sebagai makhluk ciptaan Tuhan YME. kita memiliki kebebasan dan tanggung jawab tertentu terhadap diri kita sendiri, terhadap sesama manusia, dan tanggung jawab dalam hubungannya dengan Tuhan YME.
4.Prinsip Persatuan Pembangunan untuk Mewujudkan Cita-cita Reformasi
Dengan semangat persatuan Indonesia, kita harus dapat mengisi kemerdekaan serta melanjutkan pembangunan menuju masyarakat yang lebih sejahtera, adil dan makmur. Karena Persatuan merupakan modal dasar pembangunan nasional.
5.Prinsip Wawasan Nusantara
Melalui wawasan nusantara, kedudukan masyarakat Indonesia diletakkan dalam kerangka kesatuan politik, budaya, ekonomi, sosial serta pertahanan keamanan. Dengan wawasan ini, manusia Indonesia merasa satu, sebangsa senasib sepenanggungan, dan setanah air, serta memiliki satu tekad dalam mewujudkan cita-cita pembangunan nasional.

Makna dan Pentingnya Persatuan dan Kesatuan Bangsa
1. Festival Budaya Nusantara
Festival Budaya Nusantara menyajikan budaya dari berbagai daerah di wilayah Nusantara. Coba kamu amati gambar kolase yang menyajikan berbagai pentas budaya daerah di atas. Tampak indah bukan? Tentu lebih indah yang tampil bersama-sama bukan? Itulah makna pentingnya persatuan dan kesatuan dalam menjalin kebersamaan dan saling melengkapi antara satu sama lain.
2. Toleransi dan Hidup Berdampingan dalam Perbedaan
Masyarakat Indonesia dikenal kemajemukannya, salah satunya kemajemukan agama. Kemajemukan masyarakat Indonesia bukan penghalang untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Sebaliknya, kemajemukan yang ada justru menjadi modal yang kuat untuk memperkukuh persatuan dan kesatuan bangsa. Persatuan dan kesatuan bangsa akan tetap kukuh dengan adanya semangat menjalin rasa kemanusiaan.
Tingginya sikap toleransi serta keharmonisan untuk hidup secara berdampingan dari segenap masyarakat Indonesia juga dapat mendukung persatuan dan kesatuan bangsa. Jadi, makna persatuan dan kesatuan tecermin pada sikap masyarakat yang senantiasa menjalin rasa kemanusiaan dan toleransi serta menjaga keharmonisan untuk hidup secara berdampingan.
3. Semangat Kekeluargaan dan Tolong-menolong
Menjalin rasa persahabatan, semangat kekeluargaan, dan tolongmenolong tercermin pada kegiatan gotong royong antarwarga masyarakat. Dalam kegiatan gotong royong, semua perbedaan ditepiskan. Warga masyarakat saling bekerja sama dan bahu membahu menyelesaikan pekerjaan untuk kepentingan bersama tanpa memandang perbedaan satu sama lain.
Dengan gotong royong, pekerjaan seberat apa pun terasa ringan dan pekerjaan cepat selesai. Itulah makna penting persatuan dan kesatuan yang tecermin dalam sikap menjalin rasa persahabatan, kekeluargaan, dan sikap saling tolong-menolong antarsesama dan bersikap nasionalisme.


Faktor pendorong persatuan dan kesatuan
1.       Faktor Sejarah yang menimbulkan rasa senasib dan seperjuangan
2.       Keinginan untuk bersatu di kalangan Bangsa Indonesia sebagaimana dinyatakan dalam sumpah pemuda 28 Oktober 1928
3.       Rasa cinta tanah air di kalangan bangsa Indonesia
4.       Rasa rela berkorban untuk kepentingan Bangsa dan Negara
5.       Proklamasi kemerdekaan,Pancasila dan UUD 1945,Bendera Merah Putih,Lagu Kebangsaan Indonesia Raya,serta Bahasa Kesatuan Bahasa Indonesia


 Contoh gambaran faktor pendorong persatuan dan kesatuan
1.       Upacara yang dilakukan setiap hari senin atau peringatan lainnya seperti hari pahlawan dan hari pendidikan untuk membangkitkan rasa nasionalisme

2.       Gotong royong yang merupakan ciri khas bangsa Indonesia untuk mewujudkan rasa peduli terhadap lingkungan
 

Faktor penghambat persatuan dan kesatuan
1.       Masyarakat Indonesia yang heterogen (beraneka ragam)
2.       Kurangnya kesadaran dan gangguan dari luar
3.       Ancaman,Tantangan,Hambatan,dan Gangguan bagi keutuhan NKRI yang berasal dari dalam maupun luar
4.       Ketimpangan dan ketidakmerataan pembangunan
5.       Paham Etnosentrisme, yaitu sebuah paham yang dimana suatu suku bangsa yang cenderung melebihkan budayanya dan menganggap rendah budaya suku bangsa lain
6.       Pengaruh budaya asing yang dapat melemahkan nilai-nilai budaya bangsa

Contoh Gambaran Faktor Penghambat Persatuan dan Kesatuan
1.       Perang antar suku yang meruntuhkan Persatuan dan Kesatuan bangsa Indonesia

2.       Pengaruh budaya luar yang tidak mencerminkan ciri khas bangsa Indonesia yang dapat menghambat persatuan dan kesatuan bangsa

3.       Penyebab terjadinya korupsi di Indonesia adalah sistem penyelenggaraan negara yang keliru, kompensasi PNS yang rendah, pejabat yang serakah, law enforcement tidak berjalan,.


Perilaku yang Menunjukan Sikap Menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia

1.       Membersihkan lingkungan bersama-sama
2.       Menjenguk salah satu warga yang sakit
3.       Bekerja sama dalam menjaga keamanan lingkungan.
4.       Saling menghormati orang yang berbeda agama, tidak membeda- bedakan suku.
5.       Bergotong royong membangun lingkungan sekitar.

       Berikut ini beberapa contoh perilaku yang mencerminkan persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolah diantaranya :

6.       Menjalankan Piket Kelas.
7.       Menghormati budaya lain
8.    Saling membantu teman yang kesulitan.






2 komentar:

  1. How to play Baccarat for Beginners - Wolverione
    With a Baccarat deck, players will febcasino need to either have a small deck of 메리트카지노 cards and place their bets in the dealer's favor. 바카라

    BalasHapus
  2. Blackjack Archives - DrmCD
    › joker-and-lives-g › joker-and-lives-g 구리 출장마사지 Jul 13, 2019 안산 출장안마나주 출장안마 Jul 13, 2019 Blackjack. Blackjack. Blackjack, a 경기도 출장샵 classic table game, is one of the most popular casino 제주 출장마사지 games in the United States.

    BalasHapus